INSURTECH

INSURTECH

29 September 2021
  Kategori : Artikel

INSURTECH

PENGERTIAN INSURTECH

Insurtech atau Insurance Technology adalah suatu jenis asuransi yang berbasis digital yang menggunakan platform teknologi informasi dalam transaksi bisnis dan marketingnya, dan biasanya menggunakan beberapa instrumen teknologi seperti Big Data dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/ AI) dalam menganalisa data dan mengolah data. Sehingga dengan menggunakan 2 fitur teknologi tersebut, dan dengan semakin banyaknya data yang dimiliki sebuah perusahaan insurtech, maka proses pengambilan keputusan akan semakin tepat dan akurat dan tentunya akan memberikan dampak sangat signifikan terhadap kemajuan sektor asuransi pada umumnya.

Istilah insurtech itu sendiri masih terbilang baru dalam ranah bisnis asuransi. Dan jika dibandingkan dengan sektor keuangan lainnya, asuransi merupakan salah satu bidang keuangan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan kondisinya beberapa tahun sebelumnya. 

Menurut data yang dilansir dari bisnis.com tingkat penetrasi asuransi di Indonesia dalam beberapa tahun sebelumnya bahkan tidak mencapai angka 2%. Padahal asuransi merupakan investasi yang sangat penting dan dapat kita rasakan hasilnya secara langsung.

Hadirnya big data dan artificial intelligence dalam sektor asuransi mempermudah proses pengolahan data yang akan berpengaruh dalam setiap proses transaksi. Berikut adalah beberapa implementasi digital yang dapat kita lihat di sektor asuransi


MENENTUKAN NILAI UNDERWRITING

Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan sistem Big Data, maka proses pembuatan underwriting lebih mudah dan cepat. Penggunaan Big Data terutama Machine Learning berguna untuk menganalisa data-data tersebut dan meningkatkan tingkat akurasi keputusan yang akan diambil. Misalnya pada jenis asuransi kendaraan, sistem akan menganalisa tingkat risiko dengan menganalisa perilaku pengendara serta kepatuhan terhadap lalu lintas. 


PROSES KLAIM LEBIH CEPAT

Salah satu proses yang cukup panjang dalam transaksi asuransi adalah klaim asuransi. Beberapa tahapan yang harus dilalui diantaranya proses review, investigasi, dan  adjustment hingga akhirnya diputuskan apakah perusahaan asuransi akan menanggung biaya asuransi atau tidak. Proses panjang ini melibatkan banyak sekali data, dan dalam pengolahannya seringkali ada data yang terlupakan yang dapat mempengaruhi hasil akhir investigasi. 

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk mesin otomasi dokumen memudahkan validasi data-data terkait klaim asuransi. Dalam kasus asuransi kendaraan, jika terjadi kecelakaan yang dapat merusak kendaraan, AI akan membaca skenario dari kecelakaan serta mengeluarkan perkiraan biaya yang harus ditanggung dalam waktu yang singkat, sehingga proses pengajuan klaim dapat diselesaikan lebih mudah dan cepat dibanding dengan menggunakan investigasi manual. Ini merupakan bentuk solusi agar masyarakat lebih tertarik untuk melakukan transaksi asuransi, karena tidak ada lagi hambatan dalam proses pengajuan klaim yang rumit.


PENCEGAHAN CLAIM FRAUD

Fraud atau penipuan dalam asuransi ternyata banyak yang telah terjadi, terutama dalam proses klaim. Namun, fraud yang paling sering menjadi adalah pada jenis asuransi propterti, yaitu saat pengajuan proses klaim untuk properti dan aset. Kebakaran gedung merupakan salah satu contoh kasus yang sering di temui, entah itu karena kecelakaan ataupun disengaja untuk mendapat keuntungan secara finansial. Dengan menggunakan predictive analytics tools yang dapat membaca keabsahan data-data yang diberikan. Selain itu dengan sistem algoritma yang dibentuk, maka perusahaan dapat membaca latar belakang dan riwayat nasabahnya, serta hubungan yang dimilik untuk mendeteksi jika ada hal-hal yang mencurigakan lainnya. 

 

Terjemahkan ke Bahasa Inggris         Share :      

Beli Asuransi Online


Asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi mobil, asuransi pendidikan, asuransi perjalanan, asuransi kredit

Pilih Jenis Asuransi
Nama
No. HP

BERITA POPULER



TERBARU LAINNYA